Harapan itu “Bagus”

AFF U-16 2018 resmi berakhir dan sama-sama kita ketahui talenta-talenta muda negeri kita memberikan kado yang terindah untuk bangsa Indonesia yang sebentar lagi akan merayakan hari kemerdekaan ke 73.

 

Kemenangan yang dramatis melalui adu tendangan pinalty dengan skor 3-4 membuat semua bangsa ini bangga kepada anak-anak muda yang rela mengorbankan masa indahnya untuk Ibu Pertiwi.

 

Anak muda dengan jiwa petarung yang luar biasa memang harus kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya, setelah lama bangsa ini puasa gelar sejak era Evan Dimas dan kawan-kawan menjuarai AFF U-19 di stadion yang sama, dengan drama yang sama di tahun 2013, dan setelah 5 tahun lamanya bangsa ini menunggu gelar juara dari level usia dini, apalagi dari senior yang tidak pernah datang, anak-anak muda bangsa ini sejenak bisa melepas dahaga publik sepak bola Indonesia yang sudah lama haus dengan gelar juara.

 

Pasukan coach Fahri Husaini memang memiliki tim yang menurut pandangan saya lengkap dari berbagai posisi, dan mereka memiliki jiwa perarung yang tidak pernah mau kalah disetiap menit, bahkan detik pertandingan. Maka dari itu tim tersebut sangat layak mendapatkan gelar juara.

 

Ada sebuah pembahasan yang menurut saya sangat menarik, tentang straiker muda harapan bangsa yang bernama Bagus Kahfi. Beberapa media banyak memberitakan nama pemuda tersebut yang mengatakan the next Bambang Pamungkas.

 

Seorang legend Bambang Pamungkas juga ikut mengomentari opini dari media yang mengatakan the next Bambang Pamungkas. Dan saya setuju dengan apa yang dikatak oleh seorang legend, yang dikutip oleh media.

 

Bagus memang menujukan performa yang luar biasa di gelaran AFF U-16 dengan menjadi top skor dengan mengkoleksi 12 goal dari 7 pertandingan, torehan yang sangat fantastis bagi saya dengan usia yang terbilang muda menorehkan tinta emas di cv pribadinya, harapan saya dia selalu membuat catatan emas untuk pribadi, negara, dan juga klub yang akan mendapatkan tanda tangan pemain bertalenta ini.

 

Yang terpenting untuk saat ini bagaimana kita semua bisa menjaga talenta emas milik bangsa ini. 2013 U-19 ada beberapa pemain yang menurut saya bisa menjadi tulang punggung tim nasional kita untuk beberapa tahun kedepan, pada kenyataannya pemain pemain harapan saya tersebut seperti tengelam begitu saja.

 

Semestinya kita semua memiliki kawajiban yang sama bagaimana kita harus menjaga telenta emas milik bangsa ini. Bagus anak muda yang luar biasa, sudah lama bangsa ini kehilangan seorang target man seperti seorang Bambang Pamungkas, dan saat ini Bagus memberikan sebuah harapan kepada bangsa Indonesia bahwa sebenarnya kita tidak pernah kehabisan seorang straiker.

 

Dan saat ini secercah sebuah harapan bertupu kepadanya, tetapi biarkan anak muda bernama Bagus Kahfi menikmati sepak bola sebagaimana semestinya seusia dia tidak dibebankan embel-embel yang membut dirinya memikul beban berat.

 

Biarkan seorang Bagus Kahfi berkembang dengan sendirinya, banyak pemain yang pada akhirnya tidak bisa melampaui ekspetasi yang dia miliki, karena reaksi dari kita sebagai seorang suporter, media yang terlalu berlebihan berekspetasi kepada pemain tersebut.

 

Saat ini saya ingin mengajak semua element sepak bola Indonesia bisa menjaga talenta emas bangsa ini, tanpa terkecuali Bagus Kahfi yang sama-sama harus kita jaga, agar dia tidak pernah kehilangan arah dan juga tujuan sebagai pesepak bola professional.

 

Untuk saat ini saya berani mengatakan sebuah harapan itu bernama Bagus. Mari kita jaga talenta emas milik bangsa ini, agar Bagus terus bisa konsisten dengan penampilannya.

 

Never give up
And
Stay strong

 

 

Tamat….